Permasalahan
|
: Tidak terhubung internet
|
Indikasi
|
: Terdapat tanda seru berwarna kuning pada semua perangkat yang
menggunakan jaringan kabel dan wifi KASN
|
Pemecahan Masalah:
1. Cek perangkat komputer mendapat IP Address atau
tidak. Jika tidak mendapat IP Address (IP Address 0.0.0.0), maka permasalahan
terjadi di lingkungan internal. Untuk mengatasi tidak mendapat IP Address,
lakukan RESTART pada router atau sumber sambungan internet. Jika komputer sudah
mendapat IP Address namun belum terhubung internet, maka lanjutkan membaca
dokumen ini.
Cara mengetahui komputer mendapat IP Address atau
tidak:
a. Klik
kanan pada taskbar internet access, kemudian pilih “Open Network and Sharing
Center”
b. Klik pada jaringan yang terhubung, yaitu
terletak pada “Connections”
c. Kemudian akan muncul internet status. Klik
“Details” pada internet status.
d. Kemudian akan
muncul “Network Connection Details”. IP Address adalah IP yang bertuliskan “IPv4 Address”
2.
Pergi ke perangkat yang menggunakan sambungan
internet dengan kabel LAN.
3. Buka aplikasi command prompt.
Cara membuka aplikasi command prompt:
a. Gunakan tools pencarian pada computer
b. Ketikan “cmd” pada kolom pencarian, kemudian
pilih “Command Prompt”
4.
Lakukan “ping” ke IP Gateway
Cara mengetahui IP Gateway:
a. Lakukan cara yang sama seperti poin (1.a) – (1.c)
b. Kemudian akan
muncul “Network Connection Details”. IP Address adalah IP yang bertuliskan
“IPv4 Default Gateway”
Jika sudah,
kembali ke “Command Prompt”, lanjutkan ping IP Gateway dan lihat hasilnya.
Jika hasilnya muncul seperti gambar diatas (biasanya angka
TTL berbeda-beda), itu artinya tidak ada masalah pada sumber internet
(perangkat router) yang dipasang di kantor. Jika hasil ping tidak muncul
seperti gambar diatas, maka ada masalah pada sumber internet yang dipasang di
kantor. Misal hasilnya seperti gambar berikut:
Pemecahannya adalah coba restart sumber
internet, kemudian ping kembali.
5. Lakukan “ping” ke domain luar (google, detik,
dll)
Jika ping ke gateway berhasil, maka lanjutkan ping ke domain luar.
Jika hasil ping
menunjukan seperti gambar diatas, artinya ada masalah pada pusat sumber
internet (dalam hal ini adalah Icon PLN).
6. Lakukan “tracert” ke 8.8.8.8
Tracert dilakukan untuk memastikan masalah terjadi
pada sumber internet yang ada dikantor (KASN), atau yang ada di pusat (Icon
PLN).
Jika hasil tracert
muncul seperti gambar diatas, maka semua sumber internet adalah normal, tidak
terjadi masalah. Nomor 1 adalah hasil tracert untuk gateway. Nomor 2 dan
seterusnya adalah hasil tracert untuk domain luar.
Jika terjadi masalah
pada pusat sumber internet (Icon PLN), maka hasil tracert nomor 2 dan
seterusnya akan Request Timed Out (RTO) atau Unreachable atau yang lainnya yang
menunjukan bahwa terjadi masalah pada tracert domain luar.
7. Jika masalah terdapat pada Icon, maka langkah
selanjutnya adalah menghubungi call center Icon, agar segera dilakukan
pengecekan dan perbaikan oleh tim Icon. Kemudian tunggu konfirmasi bahwa
permasalahan sudah teratasi, atau lakukan pengecekan berkala per 30 menit.
Komentar
Posting Komentar