Langsung ke konten utama

Hasil Scan dan Copy Bergaris

Yuhuuu.. Kali ini gua mau berbagi cara mengatasi masalah bergaris-garis pada saat melakukan scan dan copy di Printer HP Officejet Pro 8620. Masalah ini terjadi ketika melakukan scan ataupun copy dari atas mesin (menggunakan fungsi ADF), yaitu alat yang menghisap kertas secara otomatis ketika kita menaruhnya diatas. Masih bingung? berikut ini adalah gambarnya:
 

Nah kalo kita letakan kertas di tempat yang lingkar merah itu, dia akan menghisap kertas tersebut secara otomatis ketika kita melakukan scan ataupun copy. Langsung saja, kamu bisa mempraktekan langkah-langkah berikut:
1. Cabut Power Printer
  • Nyalakan printer
  • Tunggu beberapa saat sampai bunyi mesin berhenti
  • Cabut kabel yang ada di belakang printer
  • Cabut kabel yang ada di stop kontak
  • Tunggu hingga 15 detik
  • Masukan kembali kabel ke stop kontak
  • Masukan kembali kabel ke belakang printer
  • Jika printer mati, nyalakan kembali.
  • Tunggu beberapa saat sampai bunyi mesin berhenti
  • Coba melakukan scan ataupun copy
Jika cara diatas belum berhasil, lanjut lakukan langkah-langkah berikut ini:

2. Bersihkan Kaca ADF Scanner
  • Nyalakan Printer
  • Angkat bagian atas printer
  • Bersihkan kaca printer dengan lap basah atau tisu kering yang dibasahkan sengan air mineralsecara perlahan (hindari penggunaan alkohol)
  • Bersihkan juga bagian atasnya
  • Keringkan dengan tisu kering
  • Coba melakukan scan ataupun copy
Jika cara diatas belum juga berhasil, lanjut lakukan langkah-langkah berikut ini:

3. Bersihkan Roler Mesin ADF
  • Nyalakan Printer
  • Buka penutup mesin printer baguan atas
  • Bersihkan bagian roler secara perlahan menggunakan tisu kering yang dibasahkan sengan air mineral ( hindari penggunaan alkohol)
  • Keringkan dengan tisu kering
  • Coba melakukan scan ataupun copy
Jika ke tiga cara tersebut belum berhasil, maka jalan terakhir adalah bawa ke servis center.

Bagi penulis, cara ke 1 gua coba, namun gagal. Coba lagi cara ke 2, dan ternyata berhasil. Bingung cara mempraktekannya? Berikut ini gua kasih video tutorial yang gua ambil dari youtube. Videonya menggunakan Printer HP Officejet 8600. Namun sebagian besar fungsinya sama saja.

Cek video: Klik di sini

SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERHASIL DAN BERMANFAAT

Komentar

  1. Nomor 2 berhasil. Rupanya di kaca scanner ada garis kecil banget pas saya lap dengan tisu bisa dihapus

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL KELOMPOK SOSIAL

JUDUL : PERJUANGAN SI UMUR JAGUNG Inilah kisah anak-anak putus sekolah yang mau mandiri menghidupi dirinya sendiri dengan cobek batu sebagai modal hidup mereka. Zaenudin (13) dan adiknya septi (4), kakak beradik ini biasanya menjual cobek batu di wilayah Cinere, Depok, Jawa Barat. Keduanya berasal dari Bandung. Bersama keluarganya dan dengan modal nekat mereka memutuskan merantau ke Jakarta. Zaenudin putus sekolah saat ia lulus dari bangku sekolah dasar (SD). Ia mengaku tidak dapat melanjutkan sekolah karena keterbatasan biaya. saat ini mereka tinggal bersama ayahnya di kawasan cinere, tidak jauh dari tempat meraka jualan. ibunya saat ini sedang bekerja sebagai TKW dan sudah 7 bulan lamanya. Mereka membawa cobek itu ke Jakarta dengan menumpang truk. Jika cobeknya sudah laku terjual mereka akan kembali ke Bandung. “Pernah satu hari sama sekali gak ada pembeli”,tutur Zaenudin. Zaenudin mengaku sudah empat tahun berjualan cobek batu bersama dengan adiknya, sedangkan

PENGALAMAN #KOPDAR6JKT @TRANSMANIA

AWAL KISAH Alur cerita gua berawal dari salah satu sahabat gua, Deni. Sahabat gua memposting flyer tentang #kopdar6jkt di grup BBM. awalnya gua sama sekali ga tertarik buat ikut komunitas ini. Setelah gua pikir-pikir lagi, ya akhirnya gua mao :D dengan statement ingin coba-coba. CV Sekitar seminggu setelah Deni memposting flyer, gua masih belum membuat CV sebagai alat untuk diseleksi. Batas waktu pengumpulan CV tanggal 12. Berbeda dengan Deni yang sangat antusias, gua malah terkesan "nyantai". Deni udah ngirim sejak lama, gua sampai H-1 akhirnya minta dibuatin CV sama dia dan mengirimnya sekalian ke panitia #kopdar6jkt @transmania. PENGUMUMAN Sampai tanggal 12, pengumuman kelulusan belum juga dikabarkan. gua sih biasa aja, hehe. Tapi Deni sangat berharap. Saat pengumuman, gua dikabarin Deni kalau gua lulus, dan Deni ga lulus. Ga percaya dengan kabar tersebut, gua minta link pengumumannya. Benar saja, ada nama gua di urutan ke 75. Gua ga liat nama Deni. Karena na